Berita

BAPPEDA Kabupaten Lamandau Menyelenggarakan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Lamandau Tahun 2018-2023

Diterbitkan pada tanggal 21 Januari 2021

Nanga Bulik – 20 Januari 2021

Musrenbang Perubahan RPJMD dilaksanakan di aula Bappeda yang dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau dan didampingi oleh Ketua DPRD dan Wakil Ketua I serta Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lamandau. Turut hadir sebagai narasumber melalui video meeting Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah yang menyampaikan paparan terkait dengan arah RPJPD dan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu Kepala Bappeda Kabupaten Lamandau menyampaikan paparan mengenai Capaian Makro Pembangunan Kabupaten Lamandau dan juga dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Lamandau menyampaikan Proyeksi Keuangan Daerah Kabupaten Lamandau Tahun 2021-2023.

Dalam sambutannya Bupati Lamandau menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang perubahan RPJMD Kabupaten Lamandau tahun 2018-2023 ini merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan adanya perubahan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal perubahan RPJMD sesuai nomenklatur yang baru. Kemudian ditegaskan lagi dalam beberapa hal sebagai berikut :

  1. Kepala perangkat daerah agar memperhatikan kesesuaian visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD.
  2. Indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD yang disesuaikan dengan hasil konsultasi dengan kemenpan-rb berupa matriks cascading atau penjabaran dan penyelarasan visi, misi, tujuan, sasaran, indikator tujuan dan indikator sasaran RPJMD agar dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah.
  3. Memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas.
  4. Seluruh perangkat daerah agar berkomitmen dalam proses perencanaan dengan mengacu pada RPJPD, RPJMD, Renstra OPD, RKPD dan Renja OPD, agar tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas.

Terkait dengan penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Lamandau 2018-2023, agar kepala OPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaannya, sehingga program/kegiatan yang disusun OPD benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi misi kepala daerah dengan indikator kinerja yang terukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *