Berita

Bupati Lamandau Tetapkan Delang sebagai Tujuan Wisata Alam dan Budaya

Diterbitkan pada tanggal 23 April 2015

Kecamatan Delang merupakan salah satu dari 8 kecamatan di Kab.Lamandau Provinsi KALIMANTAN Tengah yang memiliki daya tarik bagi para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, karena pesona alam dan budayanya. Dengan alamnya yang masih natural dan budayanya yang masih kental, Delang menjadi begitu berbeda dan menyiratkan keunikan sendiri.

Oleh karenanya, Bupati Lamandau Ir. Marukan, MAP mengeluarkan keputusan tentang penetapan Kecamatan Delang sebagai Tujuan Wisata Alam dan Budaya. Momentum ini bersamaan dengan peresmian Desa Hulu JoJabo di Kecamatan Delang (Rabu, 22 April 2015) yang juga dihadiri Ketua DPRD Kab.Lamandau, Unsur FKPD, Wakil Bupati Lamandau, Kepala SKPD, dan Seluruh Perangkat se-Kecamatan Delang beserta masyarakat setempat.

Dengan ditetapkannya Delang sebagai Tujuan Wisata Alam dan Budaya membawa angin segar bagi masyarakat Kab.Lamandau khususnya Kecamatan Delang, karena akan membawa pengaruh positif bagi berkembangnya perekonomian masyarakat Kecamatan Delang pada khususnya dan Kab.Lamandau pada umumnya.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Delang merupakan pintu gerbang jalan trans KALIMANTAN yang posisinya berbatasan dengan Provinsi KALIMANTAN Barat, yang selanjutnya menghubungkan Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara.

Kecamatan Delang terdiri dari 10 desa dan 1 kelurahan, yaitu Desa Riam Penahan, Desa Sepoyu, Desa Riam Tinggi, Desa Landau Kantu, Desa Nyalang, Desa Lopus, Desa Kubung, Desa Sekombulan, Kelurahan Kudangan, Desa Penyombaan, dan Desa Hulu Jojabo.

Kecamatan Delang dapat ditempuh melalui jalan darat dari Nanga Bulik ibukota Kab.Lamandau sekitar 3 jam. Kemudian akses jalan darat dari Nanga Bulik ke Palangka Raya ibukota Provinsi Kalimantan Tengah sekitar 10 jam atau melewati penerbangan yang terlebih dahulu menempuh perjalanan darat sekitar 1,5 jam dari Nanga Bulik ke Pangkalan Bun. Dari Pangkalan Bun bisa juga untuk akses keluar provinsi melewati penerbangan dengan tujuan Jakarta, Semarang, Surabaya, Solo, dan Banjarmasin.

Adapun pesona destinasi wisata yang dimiliki Delang antara lain Bukit Sebayan yang merupakan Surga bagi penduduknya yang menganut Kaharingan, Silikan (Air Terjun) Muhur, Silikan Berunut, Silikan Hangilipan, Rumah Betang di Kaki Bukit Sebayan, Air Terjun Kakap Pompinggis dan Kakap Kelelawar, Rumah Betang Ojung Batu, Rumah Betang Rumbang Pirak, Rumah Betang Bintang Timur, Air Terjun Tambai, Silingan Torap, Rumah Betang Lopus, Sandung Burung Laut, Silingan Garung, serta upacara adat seperti Babukung, Tiwah dan Ritual Adat Babantan Laman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *