Berita

Idul Adha 1436 H, Pemkab.Lamandau Salurkan 19 Ekor Sapi Qurban

Diterbitkan pada tanggal 25 September 2015

Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriyah. Seluruh umat Islam mengagungkan nama kebesaran Allah, takbir, tahli dan tahmid selama empat hari berturut-turut. Idul Adha selalu memberikan makna bagi setiap umat Islam. Bahkan dalam batas-batas tertentu memiliki makna juga bagi umat lain, karena Idul Adha memiliki misi kemanusiaan yang bersifat universal.

Idul Adha adalah juga sebuah hari raya Islam untuk memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang dan Mesjid-Mesjid seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah Sholat, dilakukan penyembelihan hewan qurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Kaum muslimin selain dianjurkan melakukan sholat sunnah dua rakaat, juga dianjurkan untuk menyembelih binatang qurban bagi yang mampu. Anjuran berqurban ini bermula dari kisah penyembelihan Nabi Ibrahim kepada putra terkasihnya yakni Nabi Ismail.

Peristiwa ini memberikan kesan yang mendalam bagi kita. Betapa tidak. Nabi Ibrahim yang telah menunggu kehadiran buah hati selama bertahun-tahun ternyata diuji Tuhan untuk menyembelih putranya sendiri. Nabi Ibrahim dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Tuhan atau mempertahankan buah hati dengan konsekuensi tidak mengindahkan perintahNya. Sebuah pilihan yang cukup dilematis. Namun karena didasari ketakwaan yang kuat, perintah Tuhanpun dilaksanakan. Dan pada akhirnya, Nabi Ismail tidak jadi disembelih dengan digantikan oleh Allah dengan seekor domba. (Al Quran surat al Shaffat ayat 102-109).

Idul Adha 1436 H tahun ini bertepatan dengan hari Kamis tanggal 24 September 2015, seluruh umat Islam dunia merayakannya, begitupun masyarakat muslim Kab.Lamandau, meski dalam suasana diselimuti kabut asap, tetap semangat pagi-pagi sekitar pukul 06.00 WIB mulai berbondong-bondong menuju ke Mesjid-Mesjid untuk melaksanakan Sholat Idul Adha.

Gema Takbir, Tahlil dan Tahmid berkumandang, memuji kebesaran Allah SWT seraya merendahkan diri dan menyadari bahwa tiada daya dan upaya kecuali atas Kuasa-Nya. Sekitar pukul 07.00 WIB dilaksanakan Sholat Idul Adha dengan dilanjutkan penyampaian Khotbah.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha yang dilanjutkan penyampaian Khotbah selesai, maka dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban (kambing, sapi) dengan jumlah hewan yang dipotong bervariasi di tiap-tiap mesjid untuk kemudian dagingnya dibagikan kepada umat Islam disekitar Mesjid dan wilayah sekitarnya. Hewan-hewan qurban tersebut bisa berasal dari sebuah Keluarga yang mampu, Perkumpulan, Pengusaha dan dari Pemerintah Daerah.

Pada hari raya Idul Adha tahun ini Pemkab. Lamandau telah menyalurkan 19 ekor sapi qurban kepada pengurus mesjid dan organisasi yang tersebar di Kab.Lamandau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *