Berita

KONI Kab.Lamandau Dituntut Tingkatkan Kinerja dan Prioritaskan Olahraga Unggulan

Diterbitkan pada tanggal 13 Oktober 2015

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab.Lamandau diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam pembinaan olahraga di daerah. Oleh karena itu, perlunya persamaan persepsi dalam hal pembinaan olahraga dan sinkronisasi antara KONI beserta Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) dengan Pemerintah Daerah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kab.Lamandau Drs. Arifin LP.Umbing, MAP pada saat memimpin Rapat Koordinasi KONI beserta Pengurus Cabor dengan Pemerintah Daerah, Kamis (8/10) di Aula DPPKAD Kab.Lamandau.

Rapat tersebut dihadiri Anggota DPRD Kab.Lamandau H. Mulyadi, Inspektur Kab.Lamandau, Kabid. Anggaran DPPKAD, Kabid. Lapstik Bappeda, Sekretaris & Kabid. Olahraga Dispora, Ketua KONI (Eddy Panji) serta Pengurus-Pengurus Cabor.

Lebih lanjut Arifin menambahkan agar KONI dapat mengagendakan rapat-rapat koordinasi dalam satu tahun dengan pengurus cabor sehingga diharapkan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, akuntabilitas sampai tahap mengevaluasi kegiatan pembinaan olahraga dan menghasilkan rekomendasi membangun demi peningkatan pembinaan olahraga yang terencana dan berkualitas.

 

Terkait dengan hal tersebut Arifin juga menyampaikan beberapa hal yang diharap bisa menjadi perhatian KONI dan pengurus cabor dalam meningkatkan kinerja antara lain, mengenai anggaran Pemkab.Lamandau yang terbatas, apabila dibutuhkan anggaran yang sifatnya mendesak untuk pembinaan olahraga agar dibahas bersama-sama dan diajukan ke DPRD Kab.Lamandau, setelah anggaran disetujui DPRD, Dispora mengundang KONI agar disepakati.

Kemudian setelah disetujui DPRD, KONI membuat rincian anggaran untuk cabor-cabor. Setelah cabor mengetahui besarnya anggaran yang disetujui dan dana tersebut tidak mencukupi maka cabor tersebut mencari tambahan anggaran ke pihak ketiga. Cabor-cabor tidak lagi membuat/menyampaikan proposal ke Bupati Lamandau, namun proposal tersebut ditujukan ke KONI.

“Anggaran yang diterima oleh cabor agar wajib membuat pertanggung jawaban (SPJ) ke KONI. Untuk cabor yang belum membuat SPJ maka untuk berikutnya anggaran cabor tersebut di tunda dulu sebelum SPJ yang bersangkutan diselesaikan.” tegas Arifin.

Sekda Kab.Lamandau juga mengharap kepada pengurus KONI agar gedung KONI yang ada sekarang dapat dipelihara dan dirawat dengan baik serta dapat digunakan oleh cabor-cabor selama masih relevan. Terkait dengan usulan sarana prasarana cabor, KONI diminta untuk membuat daftar rencana sarana prasarana yang dibutuhkan cabor dan disampaikan ke Dispora Kab.Lamandau.

Untuk lebih mengoptimalkan dan memantapkan pembinaan olahraga di Kab.Lamandau, Sekda juga berpesan kepada Pengurus KONI agar memprioritaskan cabang olahraga unggulan atau berpotensi besar untuk meraih prestasi.

“Segala bentuk prestasi yang sukses dicetak oleh cabor-cabor agar dipublikasikan bukan hanya di media cetak namun juga dipublikasikan di Website resmi Kab.Lamandau, baik di Portal Informasi Kab.Lamandau, juga di Web Bappeda Kab.Lamandau : www.bappeda.lamandaukab.go.id. Hal ini untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan semangat dan minat generasi muda untuk menggali  potensi diri dalam meraih prestasi khususnya dibidang olahraga,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *