Berita

Lamandau Ikuti Penilaian Tahap IV Anugerah Pangripta Nusantara

Diterbitkan pada tanggal 14 April 2015

Setelah selesainya Penilaian Tahap III Anugerah Pangripta Nusantara Kabupaten/Kota Tahun 2015 pada 23 Maret hingga 2 April 2015, maka tahapan selanjutnya adalah proses Penilaian Tahap IV yang dilaksanakan di Bappenas pada 13 hingga 14 April 2015 dengan peserta yang masuk nominasi sebanyak 18 Kabupaten/Kota se-Indonesia termasuk Kab.Lamandau.

Anugerah Pangripta Nusantara adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Kab.Lamandau setelah menyisihkan 12 Kabupaten dan 1 Kota se-Kalteng telah melewati beberapa tahapan hingga terpilih sebagai wakil Kalteng dalam ajang Anugerah Pangripta Nusantara ini. Sebagaimana 17 Kab/Kota se-Indonesia lainnya, Kab.Lamandau kemaren (13/4) juga mengikuti proses Penilaian Tahap IV.

Teknis pelaksanaan Penilaian Tahap IV berupa presentasi dan diskusi selama 90 menit untuk setiap Provinsi, masing-masing 20 Menit dialokasikan untuk presentasi dan 70 menit untuk diskusi. Kepala Bappeda sebagai pimpinan tim didampingi oleh dua anggota tim yang kompeten dan berperan aktif menjawab pertanyaan dalam diskusi.

Adapun cakupan penilaian verifikasi lapangan terhadap proses perencanaan tersebut, meliputi: (a) keterkaitan; (b) konsistensi; (c) kedalaman & kelengkapan; (d) keterukuran; (e) proses perencanaan dari bawah (bottom-up); (f) proses perencanaan dari atas (top-down); (g) proses perencanaan teknokratik; (h) proses perencanaan politik; (i) proses perencanaan yang memasukkan unsur inovasi; (j) tampilan presentase; dan (k) kemampuan presentase dan penguasaan materi termasuk pengetahuan tentang RPJMN 2015-2019, Institusional leadership, kualitas argumentasi dan ketepatan waktu.

Tim Penilai Pusat terdiri atas Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen berdasarkan Kepmen PPN/Kepala Bappenas Nomor KEP.4/M.PPN/HK/01/2015 tentang Pembentukan Tim Penyelenggara Anugerah Pangripta Nusantara Tahun 2015.

Tim Provinsi Kalteng yang mengikuti proses Penilaian Tahap IV terdiri dari Kepala Bappeda Kab.Lamandau beserta Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan dan Staf. Serta turut mendampingi dari BAPPEDA Provinsi Kalteng yaitu Kasubbag. Penyusunan Program Bu Suliwati, SE.

Kepala Bappeda Kab.Lamandau Drs. Muriadi, M.Si dengan ekspektasinya, mengungkapkan bahwa Kab.Lamandau sudah melewati beberapa tahap penilaian, tinggal menunggu hasilnya apakah layak Kab.Lamandau meraih salah satu predikat dalam Anugerah Pangripta Nusantara ini. “Kita sudah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas perencanaan dengan komit dan konsisten terhadap mekanisme dan aturan-aturan yang berlaku. Ini tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang turut berkontribusi sehingga jalannya mekanisme perencanaan di daerah,” tambahnya.

“Usaha dalam meningkatkan kualitas perencanaan termasuk mengikuti tahapan dalam Anugerah Pangripta Nusantara ini telah dijalankan dan dilaksanakan, untuk itu mohon dukungan do’a dari masyarakat Kalteng khususnya Kab.Lamandau, semoga Provinsi Kalteng dengan dutanya Kab.Lamandau terpilih meraih salah satu predikat dalam Anugerah Pangripta Nusantara”, pintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *