Berita

LAMANDAU KAJI PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DAERAH

Diterbitkan pada tanggal 27 Oktober 2015

Dalam menghadapi persaingan ekonomi global dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, persaingan tidak lagi mengandalkan pada seberapa besar keunggulan sumberdaya alam (keunggulan komparatif) suatu daerah, namun telah bergeser pada persaingan keunggulan daya saing (competitivennes), yang menuntut kemampuan inovasi dan kreatifitas dari sumberdaya manusia dalam mengelola dan mengolah sumberdaya alam tersebut menjadi produk jadi yang bernilai tambah.

Saat ini, dipasaran telah banyak barang impor dan beredar produk manca negara yang mendominasi pasar domestik kita, kita masih terlena dan puas dengan telah mengekspor barang mentah maupun setengah jadi keluar negeri, tanpa kita sadari kita telah memberikan kesejahteraan kepada negera lain dan negeri kita menjadi sasaran pasar  produk jadi dari luar yang  berasal  dari  kita  sendiri. Padahal nilai tambah dan harganya akan sangat tinggi  bila barang tersebut diolah lebih lanjut didalam negeri dan diekspor keluar negeri, lapangan kerja akan banyak tercipta, peningkatan pendapatan masyarakat yang terlibat langsung maupun tidak dalam rantai produksi produk tersebut, pergerakan roda perekonomian dan perputaran uang didaerah semakin besar secara otomatis wilayah sentra perkembangan akan berkembang dengan pesat.

Pemkab.Lamandau telah berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pembangunan ekonomi kerakyatan. Kab.lamandau memiliki kekayaan dan potensi sumberdaya alam yang melimpah siap untuk dikelola menjadi produk jadi bernilai tambah (value added) yang dapat meningkatkan pendapatan bagi daerah dan masyarakat setempat.

Hal ini ditunjukkan dalam salah satu misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab.Lamandau Tahun 2013 – 2018 yaitu “Membangun ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi penduduk miskin, angka pengangguran sehingga masyarakat sejahtera.”

Dalam rangka merumuskan strategi agar potensi sumber daya alam yang ada di Kab.Lamandau dapat dimanfaatkan dan digali secara optimal maka diperlukan indentifikasi produk-produk sektor ekonomi Kab.Lamandau dan penentuan produk unggulan daerah yaitu dengan Kajian Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kab.Lamandau (15/10/2015).

Kegiatan Kajian Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kab.Lamandau ini dilaksanakan oleh Bappeda Kab.Lamandau bekerjasama dengan Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Palangka Raya selaku tenaga ahli.

Berdasarkan Permendagri Nomor 9 Tahun 2014, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota menetapkan produk unggulan daerah dilakukan dengan mengidentifikasi dan menentukan potensi unggulan  ekonomi   daerah   untuk   ditetapkan menjadi produk unggulan daerah.

Dimana produk unggulan daerah merupakan produk jadi, baik berupa barang maupun jasa, yang dihasilkan oleh koperasi, usaha skala kecil dan menengah yang potensial untuk dikembangkan dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang dimiliki oleh daerah baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan budaya lokal, serta mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah yang diharapkan menjadi kekuatan ekonomi bagi daerah dan masyarakat setempat.

Produk unggulan daerah merupakan produk yang potensial untuk dikembangkan dengan didukung ketersediaan sumberdaya (bahan baku) yang memadai, memiliki produk turunan, memiliki keunikan/ciri khas daerah, menarik, memiliki daya saing dipasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *