Berita

Lamandau Peringati Hari Jadi Ke-14

Diterbitkan pada tanggal 09 Agustus 2016

Pada tanggal 3 Agustus 2016, Kabupaten Lamandau genap berusia 14 tahun. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Lamandau ke-14 digelar dengan sederhana pada tanggal 3 Agustus 2016. Seperti tahun sebelumnya untuk memperingati hari jadi Kabupaten Lamandau, pada pagi hari pukul 08.00 WIB diadakan upacara peringatan hari jadi Kabupaten Lamandau. Peserta upacara terdiri dari para pejabat daerah, FKPD, seluruh pegawai, TNI/Polri dan para pelajar. Selain itu para pengusaha, Bupati serta DPRD dari sejumlah kabupaten juga terlihat hadir di deretan tamu kehormatan. Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tidak tampak hadir dalam acara tersebut dan diwakili oleh Asisten Pemerintah Provinsi.

Sambutan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugiyanto Sabran yang dibacakan oleh Bupati Lamandau Ir. Marukan, M.A.P, menyebutkan “bahwa pemekaran suatu daerah bukan dipandang sebagai bentuk pembagian kekuasaan, tapi sebagai bentuk pencapaian salah satu tujuan negara yaitu memajukan kesejahteraan umum”. “Tugas kami sebagai pemerintah daerah bersama masyarakat mewujudkan tujuan tersebut. Terutama yang mendesak saat ini adalah bagaimana mencapai kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat yang lebih berkualitas dan merata, utamanya masyarakat di daerah pedalaman dan pinggiran,” lanjutnya. Gubernur juga memberika ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Lamandau yang selama tiga tahun berturut-turut bisa mempertahankan opini WTP dari BPK RI.

“Perkembangan ekonomi makro Lamandau juga terus menunjukkan peningkatan yang positif yaitu di tahun 2015 sebesar 6,74 persen, lebih tinggi dari target nasional sebesar 5,7 persen. Angka pengangguran sebesar 5 persen. Persentase penduduk miskin menurun pada angka 4,66 persen, Indek Pembangunan Manusia 68,30 persen dan Angka Harapan Hidup 69,07 persen,” jelasnya. Dengan angka tersebut tidak boleh merasa puas, bupati dan seluruh elemennya harus terus melakukan evaluasi dan monitoring secara langsung di lapangan bagaimana kondisi sesungguhnya kehidupan masyarakat di daerah dan pinggiran. Terutama terhadap realitas tingkat pendapatan masyarakat, tingkat pelayanan kesehatan serta pendidikan yang berkualitas dan merata.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan acara syukuran di GPU Lantang Torang pada pukul 10.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *