Berita

LKPJ Bupati Lamandau Cermin Kepatuhan Terhadap Peraturan

Diterbitkan pada tanggal 24 Maret 2015

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lamandau tentang Penyelenggaran Pemerintahan Daerah Tahun 2014 telah disampaikan kepada DPRD Kab.Lamandau melalui Rapat Paripurna 2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2015 yang dilaksanakan pada Selasa, 24 Maret 2015 di Ruang Rapat/Sidang DPRD Kab.Lamandau pukul 9.00 WIB sampai selesai. Rapat Paripurna dihadiri Bupati Lamandau Ir. Marukan, dipimpin oleh Ketua DPRD Kab.Lamandau H. Tommy Hermal Ibrahim beserta Wakil Ketua dan anggota DPRD, Unsur FKPD, eselon II, III dan IV dilingkup Pemerintah Kab. Lamandau dan sejumlah insan pers.

Penyampaian LKPJ Bupati Lamandau ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap ketentuan PP No. 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah kepada DPRD, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Masyarakat, yakni Pasal 17 ayat (2) yaitu Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran Kepala Daerah disampaikan kepada DPRD paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Dengan telah disampaikannya LKPJ Bupati Lamandau tentang Penyelenggaran Pemerintahan Daerah Tahun 2014 kepada DPRD Kab.Lamandau melalui Rapat Paripurna yang dilaksanakan tanggal 24 Maret 2015 ini maka Bupati Lamandau telah memenuhi aturan yang berlaku.

Dalam Pidato Pengantarnya, Bupati Lamandau menegaskan bahwa sepanjang tahun 2014, cukup banyak kinerja pemerintahan daerah yang kita sepakati dan raih bersama, walaupun tidak semua harapan itu dapat kita capai secara optimal serta dipersepsikan sama oleh segenap pemangku kepentingan. Namun satu hal yang pasti, perbedaan itu adalah sebuah rahmat karunia illahi yang harus kita sikapi secara bijak, terlebih di era demokrasi saat ini.

LKPJ Bupati Lamandau dapat menunjukkan hasil kerja Bupati Lamandau beserta jajarannya dalam menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan pembinaan masyarakat dengan memanfaatkan segala informasi dan sumber daya yang dimiliki, sekaligus sebagai sumber informasi mengenai kegiatan pembangunan dalam arti luas selama tahun anggaran 2014, yang selanjutnya dijadikan dasar untuk mengambil kebijaksanaan baru dan berkelanjutan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami menyadari bahwa belum semua harapan masyarakat maupun mitra kerja kami di DPRD mampu diwujudkan dalam pelaksanaan penyelenggaran pemerintahan daerah. Namun hal tersebut lebih ditimbulkan oleh kondisi-kondisi obyektif karena adanya keterbatasan kapasitas keuangan daerah di satu sisi, yang tidak selalu mampu mengimbangi dinamika kebutuhan masyarakat yang terus bertumbuh di sisi yang lain, sehingga perlu kerja keras semua pihak dalam rangka membangun dan menata wajah Kabupaten Lamandau ke arah yang makin baik, sejahtera masyarakatnya dan menjujung tinggi pelayanan prima pemerintahannya, dengan selalu memegang teguh filosofi “Bahaum Bakuba”, ungkap Bupati.

“Namun demikian, kami percaya sepenuhnya bahwa seluruh anggota dewan dan seluruh warga masyarakat Kab.Lamandau akan terus meningkatkan daya kritis dan dukungan untuk mengatasi permasalahan yang muncul di masa mendatang. Semua yang sudah dicapai Kab.Lamandau dalam tahun 2014, dan tahun-tahun sebelumnya adalah hasil kerja keras dari semua pihak, yang harus disyukuri bersama sebagai anugerah yang diberikan Tuhan”, tambahnya.

Sesuai PP No. 3 Tahun 2007, maka selanjutnya LKPJ dibahas oleh DPRD secara internal sesuai dengan tata tertib DPRD. Apabila ada rekomendasi untuk perbaikan dan penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan, maka dalam jangka waktu 30 hari setelah penyampaian LKPJ tersebut DPRD Kab.Lamandau dapat menyampaikan Catatan-Catatan Strategis terhadap LKPJ Bupati. (run)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *