Berita

Pawai Ta’aruf Tahun Baru Hijriyah Diharapkan Menjadi Agenda Wisata

Diterbitkan pada tanggal 15 Oktober 2015

Dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah, umat Islam Indonesia mempunyai tradisi masing masing, diantaranya dengan melaksanakan Pawai Ta’aruf, tidak terkecuali umat Islam di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau pada 1 Muharram 1437 H bertepatan dengan tanggal 14 Oktober 2015.

Dengan semangat, sekitar pukul 06.00 WIB peserta pawai sudah menuju lokasi start pawai di Jalan Cilik Riwut tepatnya di muara Lapangan Kartawana Nanga Bulik. Mulai dari anak-anak sampai orang tua turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Peserta pawai ada yang jalan kaki ada yang bersepeda hias dan ada yang menggunakan mobil hias.

Masing-masing peserta yang terdiri dari Pengurus Masjid/Musholla, Kelompok Pengajian dan Pelajar menampilkan kreasinya yang bernafaskan/bernuansa Islam, seperti miniatur Masjid, perahu dan lain-lain. Panitia penyelenggara menyediakan hadiah kepada peserta yang dinilai dengan kreasi terbaik, selain itu juga menyediakan kupon Door Price bagi seluruh peserta pawai yang akan diundi diakhir kegiatan pawai.

Yang menjadi ciri khas dari Pawai Ta’aruf Tahun Baru Hijriyah di Nanga Bulik ini adalah mayoritas peserta membawa Nasi Adab/Tumpeng dengan kreasinya sendiri-sendiri. Disamping itu, juga menampilkan ketupat tolak bala/nasi pulut yaitu ketupat yang terbuat dari ketan dengan terlebih dahulu dibacakan do’a tolak bala/do’a selamat. Hal ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang melihatnya apalagi masyarakat pendatang.

Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, MAP, dalam sambutanya sebelum melepas Pawai Ta’aruf mengungkapkan bahwa kegiatan Pawai Ta’aruf ini sangat baik sebagai sarana informasi mengenai salah satu budaya Kabupaten Lamandau kepada khalayak luar. Diharapkan kegiatan ini kedepannya tidak hanya diikuti peserta yang berada di Kota Nanga Bulik dan sekitarnya saja, akan tetapi diharapkan juga dapat mengundang dari kecamatan lain, karena akses jalan ke kecamatan-kecamatan sudah lancar.

“Kami juga berharap kepada panitia kedepannya bisa bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kab.Lamandau sehingga kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin ini dapat diikuti oleh berbagai instansi dan dapat dipublikasikan secara luas”, tambahnya.

Berbagai event kegiatan telah dilaksanakan pada bulan ini, diantaranya Pekan Muharram 1437 H, Wisuda TK/TPA se-Kab.Lamandau, bahkan Festival Babukung yang telah dihadiri oleh Bapak Pejabat Gubernur Kalteng. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan semua lapisan masyarakat ini diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian di Kab.Lamandau, selain itu juga diharapkan dapat memperkenalkan Kab.Lamandau ke Tingkat Nasional.

Wakil Bupati Lamandau atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kab.Lamandau mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 H kepada seluruh kaum Muslimin dan Muslimat di Kab.Lamandau, semoga dengan pergantian tahun ini dapat mengintrospeksi diri sehingga sebagai warga Kab.Lamandau akan lebih maju, lebih harmonis, dan lebih sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *