Berita

Pemkab.Lamandau Gelar Safari Ramadhan 1436 H di Tujuh Kecamatan

Diterbitkan pada tanggal 24 Juni 2015

Pemerintah Kabupaten Lamandau seperti tahun-tahun sebelumnya ketika memasuki bulan suci ramadhan melaksanakan kegiatan safari yang merupakan suatu aktifitas tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamandau. Pada bulan suci Ramadhan 1436 H ini kegiatan safari dilaksanakan tersebar di 7 (tujuh) Kecamatan, pertama kali dimulai pada tanggal 22 Juni 2015 di Desa Bukit Raya Kecamatan Menthobi Raya, dilanjutkan tanggal 24 Juni 2015 di Kelurahan Kudangan Kecamatan Delang, tanggal 26 Juni 2015 di Desa Samu Jaya Kecamatan Lamandau, tanggal 29 Juni 2015 di Desa Suka Maju Kecamatan Bulik Timur, tanggal 1 Juli 2015 di Desa Sumber Cahaya Kecamatan Belantikan Raya, tanggal 6 Juli 2015 di Desa Sumber Mulya Kecamatan Bulik, dan yang terakhir pada tanggal 8 Juli 2015 di Desa Wonorejo Kecamatan Sematu Jaya.

Pada safari ramadhan di Kelurahan Kudangan Kecamatan Delang (24/6) rombongan terdiri dari Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, MAP, Ketua DPRD Kab.Lamandau H. Tommy Hermal Ibrahim beserta Wakil Ketua, Unsur FKPD, Sekretaris Daerah Kab.Lamandau Drs. Arifin LP. Umbing, MAP, Kepala Kantor Kemenag Kab.Lamandau, dan Kepala SKPD beserta Staf.

Sebagai Tuan Rumah pada acara Acara Safari di Kelurahan Kudangan ini adalah Lurah Kudangan, yaitu Bapak Junaedi, Camat Delang, Bu Inyane, S.Ap beserta segenap perangkat agama dan masyarakat Kelurahan Kudangan.

Dalam laporan sekaligus sambutannya, Camat Delang menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Wakil Bupati Lamandau dan rombongan yang telah bersedia hadir dan meluangkan waktu untuk bertandang ke Kelurahan Kudangan Kecamatan Delang dalam rangka Safari Ramadhan. Disamping itu, Camat Delang juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyambutan dan penyelenggaraan ini banyak kekurangannya, namun warga Kelurahan Kudangan telah maksimal mempersiapkannya.

Wakil Bupati Lamandau Drs. H. Sugiyarto, MAP dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kabupaten Lamandau khususnya warga Kecamatan Delang yang telah menjaga kerukunan umat beragama dengan baik. “Oleh karena itu, dalam memontum Ramadhan ini mari kita tingkatkan lagi rasa persaudaraan diantara kita dalam rangka bersinergi membangun Kabupaten Lamandau sesuai bidang tugas dan profesinya.” ujar Sugiyarto.

Beliau juga menambahkan bahwa, pada Safari Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana tidak ada lagi pemberian bantuan hibah untuk pembangunan mesjid. Hal ini berdasarkan hasil pembahasan dengan BPK RI Perwakilan Kalteng beberapa waktu lalu. Pemberian hibah untuk rumah ibadah tidak bisa lagi diberikan secara rutin tiap tahun karena hanya bersifat stimulus. Oleh karena itu pola pemberian hibah kepada rumah ibadah akan ditata lagi disesuaikan dengan regulasi yang ada.

“Setelah mengikuti regulasi tersebut, Mesjid di Kelurahan Kudangan pada tahun ini mendapatkan bantuan sebesar Rp. 200 juta, mudah-mudahan pada tahun depan Mesjid yang baru sudah selesai dibangun dan safari ramadhan bisa dilaksanakan di Mesjid tersebut.

Sebagai Penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim Safari Ramadhan, adalah Bapak Drs. Wahid Amin dari Kantor Kemenag Kab.Lamandau. Dalam tausyiahnya, beliau menyampaikan beberapa hikmah keutamaan berpuasa dan ibadah lainnya di bulan ramadhan seperti Sholat Tarawih dan Tadarus AlQuran.

Disela-sela tausyiahnya, beliau mengajak jama’ah peserta safari ramadhan untuk berinfak dan sedekah, karena dibulan Suci Ramadhan ini segala amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Pada kesempatan tersebut dapat terkumpul dana sebesar Rp. 4,4 juta dari infak/sedekah yang dikeluarkan jama’ah peserta safari ramadhan di Mesjid mini Kelurahan Kudangan.

Setelah mendekati waktu berbuka puasa, dilaksanakan Dzikir dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a berbuka puasa yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Kab.Lamandau Drs. H.M. Yahya.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu Sholat Maghrib berjama’ah, makan malam, Sholat Isya, Sholat Tarawih dan Sholat Witir.

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan safari ramadhan ini, antara lain bahwa Safari Ramadhan dapat menjadi  ajang silaturrahmi dan saling kenal mengenal lebih jauh, dalam hal ini antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya. Disamping itu juga safari Ramadhan juga dapat menjadi wadah yang sangat bermanfaat bagi upaya-upaya perbaikan ummat di masa depan.

Selain sebagai wadah silaturrahmi, kegiatan Safari Ramadhan juga menjadi media penyampaian informasi bagi Pemerintah Daerah kepada masyarakat, demikian juga sebaliknya sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *