Berita

Pemkab.Lamandau Kemas Penyerahan DIPA dan DPA-SKPD 2016 dengan Syukuran Atas Prestasi Kinerja 2015

Diterbitkan pada tanggal 29 Desember 2015

Pemkab.Lamandau melaksanakan acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Tahun Anggaran 2016 dikemas dan dirangkai dengan acara syukuran atas penghargaan yang diperoleh Kabupaten Lamandau selama tahun 2015.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang, Nanga Bulik 23 Desember 2015 tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Lamandau, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kab.Lamandau, Unsur FKPD, Kepala Kantor Kas Perbendaharaan Negara di Pangkalan Bun, Kepala SKPD se-Kab.Lamandau, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan di Nanga Bulik, Pejabat Eselon III dan IV, serta undangan lainnya.

Penyerahan DIPA secara simbolis kepada 2 (dua) instansi vertikal di Kab.Lamandau (satker) dan 1 (satu) SKPD Kab.Lamandau, yakni : Kepolisian Resor Lamandau, Kantor Kementrian Agama Nanga Bulik, serta Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Sedangkan Penyerahan DPA-SKPD secara simbolis kepada 5 (lima) SKPD antara lain Dinas PU, RSUD, BKPP, Dishutbun, dan Kecamatan Belantikan Raya yang dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen dari Kepala Dinas/Badan selaku Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen dalam melaksanakan target pendapatan dan belanja yang telah ditetapkan.

Sekretaris Daerah Kab.Lamandau selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kab.Lamandau Drs. Arifin LP. Umbing, MAP saat menyampaikan laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan Kepala Dinas/Badan, Unit Kerja beserta jajarannya, atas kerja keras, kerjasamanya dan dedikasi yang diberikan selama proses penyusunan RKA-SKPD sampai DPA-SKPD, sehingga penyerahan DPA-SKPD dapat diserahkan sesuai target penjadwalan.

Bupati Lamandau Ir. Marukan, MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan DIPA dan DPA-SKPD Tahun 2016 yang dilaksanakan pada saat ini merupakan komitmen pemerintah agar pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih cepat dan memberikan manfaat yang lebih besar dalam menggerakkan perekonomian daerah, membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Saya menaruh perhatian besar menyangkut anggaran ini, agar semua pejabat secara berjenjang dapat melaksanakan program prioritas dan mengelola anggaran SKPD tahun 2016 dengan lebih akuntabel, lebih profesional, lebih transparan, lebih efektif, dan berorientasi pada hasil (output) dan berdampak positif kepada masyarakat (outcome)”, ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa hal ini dilaksanakan dalam upaya mewujudkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2016 dalam RPJMD 2013-2018 yang telah ditetapkan, dimana terdapat 10 prioritas pembangunan daerah yang harus kita capai yaitu ; 1) Ekonomi; 2) Pendidikan; 3) Kesehatan; 4) Keamanan dan Ketentraman; 5) Infrastruktur; 6) Pemerintahan; 7) Olahraga dan Kebudayaan; 8) Keagamaan; 9) Pariwisata; 10) Lingkungan Hidup.

Kesepuluh prioritas pembangunan tahun 2016 itu, sesungguhnya dalam upaya mencapai kesejahteraan rakyat di Kab.Lamandau yang telah disinergikan dengan prioritas pembangunan pemerintah provinsi dan prioritas pemerintah pusat.

Sesuai dengan kesepakatan Pemkab.Lamandau (Eksekutif) dengan DPRD (Legislatif), APBD Tahun 2016 disepakati Pendapatan Daerah diproyeksikan sebesar Rp. 956,369 milyar atau meningkat sebesar 17,47% dari APBD perubahan Tahun 2015. Belanja Daerah Tahun 2016 dialokasikan sebesar Rp. 958,601 milyar atau meningkat sebesar 12,25% dari APBD perubahan Tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *