Berita

Pemkab Lamandau Laksanakan Musrenbang RKPD

Diterbitkan pada tanggal 31 Maret 2016

Pemkab.Lamandau menggelar Rapat Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula Kantor Bappeda pada hari Senin 21 Maret 2016 kemarin.

Wakil Bupati Lamandau, Drs. H. Sugiyarto, M.A.P mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan seusai Musrenbang tingkat desa dan kecamatan sehingga diharapkan semua program saling dikoordinasikan. Menurutnya, kegiatan pra musrenbang tersebut selain untuk menentukan usulan skala prioritas, juga sebagai sarana dalam memadukan hasil Rapat Koordinasi Bidang (Rakorbid), sehingga semua pihak dapat membantu apa saja yang menjadi skala prioritas. Dalam kesempatan itu juga, Drs. H. Sugiyarto, M.A.P juga menegaskan agar semua SKPD pengusul segera melakukan finalisasi program kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan. Hal tersebut memang sudah semestinya dilakukan karena menyangkut anggaran. “ini sangat penting, mengingat program usulan akan dimasukan/diakomodir dalam musrenbang provinsi dan nasional. Musrenbang tingkat provinsi akan sulit terealisasi tanpa adanya usulan pada musrenbang tingkat kabupaten,” terangnya. Karena keterbatasan anggaran, program yang diusulkan baik dari tingkat kecamatan disaring lagi menjadi program skala prioritas,” bebernya. Pra Musrenbang diikuti kepala SKPD termasuk delapan perwakilan pemerintah kecamatan, yang tentunya harus dilibatkan untuk bersinergi dalam menjalankan program di tahun mendatang.

Adapun pelaksanaan Musrenbang RKPD Kab.Lamandau Tahun 2016 dilaksanakan pada hari Kamis 24 Maret 2016 dengan agenda pembacaan Laporan Hasil Rapat 4 Bidang yaitu 1) Bidang Infrastruktur, Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, 2) Bidang Pemerintahan, 3) Bidang Ekonomi Kerakyatan dan Pengembangan Investasi Daerah, 4) Bidang Pendidikan, Kesehatan Sosial Budaya dan Kesejahteraan Rakyat. Juga sekaligus mendengarkan stressing / arahan Bupati Lamandau pada acara penutupan Musrenbang kemarin yang di hadiri langsung oleh bapak Bupati Lamandau, Wakil Ketua DPRD serta Camat Se-Kab.Lamandau. Turut hadir pula dari Tokoh Masyarakat, LSM/Ormas, dan Dunia Usaha. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatiaan tiap SKPD dalam menindaklanjuti hasil Musrenbang RKPD Kab.Lamandau tahun 2016 yaitu 1) agar SKPD lebih fokus dan terarah dalam menjalankan program dan kegiatan dalam rangka percepatan pencapaian target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kab. Lamandau 2013-2018, 2) Rancangan Revisi Renstra SKPD Kab.Lamandau Tahun 2013-2018 agar dipersiapkan lebih awal dalam rangka mengakomodir program unggulan SKPD Tahun 2016-2018, 3) menugaskan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) melakukan review terhadap rancangan akhir RPJMD, Rancangan akhir RKPD, Rencana kerja Pemerintah Daerah dan RKA Pemerintah Daerah, 4) Paradigma penyusunan program kegiatan saat ini arahnya sudah berubah pada pola bahwa program kegiatan harus memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan 5) Usulan program kegiatan SKPD Kab.Lamandau Tahun 2017 dengan Sumber Dana APBD Provinsi Kalteng dan APBN yang telah disusun SKPD pengusul sebagai bahan masukan dan pembahasan pada Forum Gabungan SKPD Provinsi Kalteng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *