Berita

Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorpemb) Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan TA. 2018

Diterbitkan pada tanggal 28 Januari 2019

Aula Bappeda Kabupaten Lamandau, Senin 21 Januari 2019 pukul 09.00 WIB

Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorpemb) Evaluasi Program/Kegiatan TA. 2018 yang dibuka dan dipimpin Bupati Lamandau Bapak Hendra LesmanaRapat ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan pada tahun sebelumnya mengenai hambatan/permasalahan dalam penyerapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan sehingga pada tahun berikutnya dapat diambil langkah atau solusi agar hal tersebut dapat diatasi.

Rapat ini diikuti oleh Wakil Ketua DPRD, Asisten, Instansi vertikal, Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamandau dan Camat se- Kabupaten Lamandau serta staf yang membidangi perencanaan/pelaporan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Lamandau menyampaikan arahan bahwa Penganggaran program/kegiatan dalam APBD oleh masing-masing OPD agar senantiasa mengacu dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dan program/kegiatan tersebut harus dipersiapkan sebaik mungkin agar jangan sampai tidak terlaksana serta yang paling utama harus membawa manfaat bagi masyarakat.

Beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti yaitu :

  1. Program/Kegiatan yang berasal dari DAK Fisik maupun Non Fisik yang tidak terealisasi, agar menjadi perhatian Kepala OPD yang mengusulkan DAK agar merencanakan dengan sebaik mungkin usulan tersebut, mulai dari lokasi, RAB, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Karena untuk pengusulan DAK ini tidak sedikit waktu, tenaga dan biaya yang kita keluarkan, jangan sampai apa yang kita usahakan tersebut menjadi tidak dapat terlaksana.
  2. Setiap tanggal 1 bulan berikutnya, seluruh OPD agar proaktif menyampaikan data realisasi keuangan dan fisik baik yang bersumber dari APBD dan APBN serta progress pengadaan barang/jasa ke Bappeda Kabupaten Lamandau sebagai bahan evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran agar bisa berjalan sesuai target.;
  3. Agar OPD tidak hanya fokus pada pada belanja tetapi juga harus fokus pada pencapaian target dari pendapatan.
  4. Untuk OPD pengelola pendapatan perlu melakukan upaya-upaya konkrit untuk mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan dalam APBD dan harus bekerja keras sehingga program dan kegiatan dapat terdanai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *