Berita

Tingkatkan Daya Saing Daerah Hadapi Persaingan Global

Diterbitkan pada tanggal 16 Maret 2015

Perubahan pola pikir atau mindset dalam birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik sangat diperlukan dikarenakan kita akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai berlaku pada tahun 2015, dimana aparatur sipil negera beserta masyarakat kita dituntut untuk mampu bersaing secara global. Tujuan utama dari Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah menjadikan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi dimana terjadi arus barang, jasa, investasi dan tenaga terampil yang bebas serta aliran modal yang lebih bebas. Sehingga  tenaga kerja yang berasal dari negara-negara di ASEAN bisa masuk kedalam pasar tenaga kerja di Indonesia. Begitu juga disektor investasi perusahaan di negara-negara ASEAN bisa memiliki dengan pembatasan persentase tertentu kepemilikan saham perusahaan yang ada di Indonesia.

Tantangan yang dihadapi adalah perlunya peningkatan daya saing daerah dalam hal: ketersediaan infrastruktur jalan, jembatan, terminal dan bandara; kecukupan energi listrik; pengurangan biaya logistik yang tinggi; peningkatan kualitas sumber daya manusia; dukungan pemerintah dan dunia perbankan terhadap usaha mikro kecil dan menengah serta keunggulan komparatif sumber daya alam masih belum optimal mensejahterakan masyarakat.

Dalam menghadapi persaingan global ini, pemerintah daerah dituntut dengan melakukan peningkatan daya saing daerah khususnya menyiapkan segala sumber daya pendukung pelaksanaannya. Pembenahan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi masih menjadi prioritas utama anggaran daerah khususnya dalam meningkatkan daya dukung terhadap persaingan global. Percepatan pembangunan ini tentunya disertai peningkatan pelayanan publik, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan, serta dukungan terhadap swasembada pangan. Pernyataan ini disampaikan wakil Bupati Lamandau Drs. H. SUGIYARTO, MAP pada saat Musrenbang RKPD Kab.Lamandau Tahun 2015 di Nanga Bulik. (run)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *